Obat digigit serangga

Digigit serangga mungkin sudah jadi hal biasa karena orang tidak terlalu memperhatikannya. Gigitan serangga biasanya dapat membuat kulit jadi terasa gatal, nyeri dan paling parah alergi. Rasa sakit ini dikarenakan masuknya racun atau zat lain dalam tubuh korban. Setiap orang mempunyai reaksi yang berbeda-beda saat digigit serangga dan itu menandakan adanya berbagai macam tingkatan reaksi terhadap racun yang masuk dalam tubuh.

Setelah digigit serangga biasanya efeknya timbul benjol di kulit dan terasa gatal atau nyeri yang akan hilang dalam waktu kurang dari satu hari. Namun, ada juga korban yang memiliki reaksi yang berlebih misalnya tiba-tiba dia demam setelah digigit serangga bahkan parahnya dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar. Gigitan serangga memang dianggap remeh oleh sebagian orang padahal hal ini tidak boleh disepelekan karena bisa saja satu gigitan dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Setiap korban akan memiliki reaksi yang berbeda setelah digigit serangga ada yang efeknya terasa langsung atau ada juga efek yang tertunda bahkan tidak jarang pula ada yang mengalami kedua hal tersebut. Anafilaksis merupakan kategori paling parah setelah digigit serangga dan hal ini merupakan kasus yang amat jarang terjadi.
obat digigit serangga

Tanda dan gejala dari reaksi alergi parah atau anafilaksis berikut ini.
  • Wajah Bengkak
  • Kesulitan Bernapas
  • Perut yang terasa nyer
  • Mual-muali
  • Penurunan tekanan darah dan sirkulasi (shock)
Penyebabnya biasanya digigit sejenis serangga seperti lebah, tawon dan semut api. Ada juga gigitan serangga yang lain misalnya kutu, nyamuk, laba-laba dan kalajengking.  Namun, bila anda sedang beraktifitas di luar maupun tidak dan digigit serangga maka tidak perlu panik karena berikut ini ada beberapa cara pertolongan pertama yang bisa anda lakukan.

Cara mengatasi gigitan serangga
  • Saat pertama kali korban diserang gigitan serangga, sebaiknya pindahkan korban kedaerah yang aman dan bersih agar bisa menghindari jangkauan serangga yang sewaktu-waktu kembali menyerang.
  • Segera buang serangga atau lebah yang menyengat apabila masih menempel pada kulit korban. Hal ini dilakukan untuk mengurangi atau mencegah pelepasan racun dalam jumlah yang lebih banyak.
  • Sebaiknya bersihkan bagian yang diserang serangga menggunakan sabun atau air.
  • Kompres daerah yang digigit atau disengat dengan menggunakan es batu agar dapat mengurangi bengkak, nyeri dan peradangan yang ditimbulkan.
  • Cara lain yang banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya untuk meredakan bengkak yang ditimbulkan oleh gigitan serangga adalah dengan cara mengoleskan pasta gigi. Dengan mengoleskan pasta gigi pada luka bekas gigitan serangga maka akan mengurangi resiko iritasi. Rasa mint atau peppermint adalah rasa pasta gigi yang paling efektif dalam mengobati gigitan serangga.
  • Jika nyeri yang ditimbulkan begitu menyiksa, sebaiknya minum obat pereda nyeri yang dapat dibeli di apotek terdekat untuk meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan akibat sengatan atau gigitan serangga. Atau anda juga bisa mengoleskan krim/ salep untuk meredakan rasa sakit yang timbul dan gatal sebagai reaksi yang ditimbulkan oleh serangan serangga. Namun tentu saja, obat maupun salep tersebut tentunya harus sesuai anjuran dan resep dokter.
Cara diatas tadi adalah beberapa pertolongan yang bisa anda lakukan saat anda ataupun orang sekitar mengalami serangan digigit atau disengat oleh serangga. Dengan mengetahui beberapa tips diatas, diharapkan anda jadi lebih tahu apa yang harus anda lakukan saat kondisi sepeti ini tiba-tiba terjadi. Dengan begitu tak akan ada lagi panik dan kalut saat kondisi ini terjadi.

0 Response to "Obat digigit serangga"

Posting Komentar