Efek Samping Daun Singkong

Daun singkong merupakan salah satu jenis tanaman atau sayuran yang sangat mudah ditemui di setiap daerah di indonesia. Kandungan nutrisi dalam daun singkong sangat tinggi sehingga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Sayuran yang memiliki gizi yang sama seperti daun singkong adalah kangkung dan bayam.

Memang daun singkong baik untuk kesehatan tapi juga tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya karena dampaknya bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan sehingga aktivitas harian anda menjadi terganggu.

Daun singkong mengandung gizi yang banyak seperti kandungan serat tinggi yang berguna dalam melancarkan pencernaan, lalu protein yang bagus untuk kecerdasan anak, zat besi dan kalori yang berkhasiat untuk mencegah serangan anemia serta masih banyak kandungan gizi yang ada dalam daun singkong. Selain manfaat kesehatan, berikut ini adalah bahaya daun singkong bila dikonsumsi secara berlebihan.

Mengakibatkan keracunan
Daun singkong memiliki kandungan senyawa lotaustralin dan linamarin yang bisa menjadi racun sianida bila mengendap dan bisa membuat bagian jaringan tubuh iritasi sehingga menyebabkan keracunan yang tanda-tandanya adalah muntah-muntah.

Efek Samping Daun Singkong

Sakit perut
Terlau banyak makan daun singkong bisa menyebabkan asam lambung jadi naik karena kandungan sianida inilah yang nantinya menyebabkan dinding lambung mendapat tekanan dan terluka. Sederhananya perut jadi sakit yang disertai dengan mual dan muntah.

Sakit kepala
Daun singkong mengandung senyawa lotaustralin dan linamarin yang bisa menjadi racun dan efeknya bisa menghambat kelancaran peredaran darah di area kepala dan juga akan memicu ketegangan otot saraf sehingga menimbulkan sakit kepala yang berkesinambungan.

Gangguan sesak nafas
Daun singkong mengandung sianida yang mengakibatkan penyempitan dan penyumbatan pada saluran pernafasan yang membuat dada nyeri, dan sesak nafas.

Meningkatkan kadar kolesterol
Kadar kolesterol yang tinggi dalam darahnya sebaiknya untuk tidak memakan daun singkong. Alasannya karena meningkatkan kadar kolesterol sehingga berakibat fatal pada jantung. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah sehingga kinerja jantung jadi terganggu.

0 Response to "Efek Samping Daun Singkong"

Posting Komentar