Manfaat Akar Singkong

Singkong adalah tanaman asli yang berasal dari negara Paraguay dan Brazil. Singkong biasanya menjadi makanan pokok bagi negara Afrika, Thailand dan Indonesia. Akar singkong berfungsi sebagai sumber pati yang baik.

Singkong biasanya ditambahkan ke dalam makanan sehari-hari karena singkong mampu menyediakan energi atau bahan bakar untuk beraktivitas sehari-hari. Singkong mengandung mineral, serat dan vitamin yang memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Jangan pernah memakan singkong dalam keadaan mentah dan masaklah terlebih dahulu karena tanaman singkong mengandung racun.

Singkong yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan maka sangat layak untuk dikonsumsi secara teratur. Berikut ini manfaat singkong.
  • Dibandingkan dengan kentang, singkong mengandung dua kali lipat kalori. Kalori dalam singkong berasal dari sukrosa.
  • Singkong mengandung rendah lemak dibandingkan dengan kacang-kacangan ataupun sereal. Kandungan protein dalam singkong pun ternyata lebih banyak dibandingkan sumber makanan tropis lainnya seperti pisang, ubi dan kentang.
  • Singkong bebas dari gluten sehingga digunakan dalam persiapan makanan khusus bagi pasien penderita penyakit celiac.

Manfaat Akar Singkong

Singkong beresiko bagi kesehatan
Mengkonsumsi singkong secara langsung atau mentah sangat berbahaya karena akarnya beracun mengandung senyawa metil linamarin dan glikosida linamarin. Akibat memakan singkong secara langsung adalah sakit perut, mual, muntah, pusing, sakit kepala bahkan bisa menyebabkan kematian. Umumnya kandungan sianida jauh lebih tinggi pada bagian kulit luarnya. Untuk mengurangi kandungan sianida pada singkong dilakukan dengan cara mengupasnya lalu dikeringkan di bawah sinar matahari dan merendamnya. Lalu dilanjutkan dengan merebus singkong dengan air garam cuka.

Singkong memiliki jenis akar yang bermanfaat bagi manusia karena memberikan persediaan makanan. Manfaat akar singkong berarti dapat memenuhi kebutuhan makanan pokok bagi manusia, apalagi di indonesia singkong sangat mudah tumbuh dan mudah ditemukan.


0 Response to "Manfaat Akar Singkong"

Posting Komentar