Manfaat Batang Singkong

Tinggi batang singkong sangat beragam dan memiliki bentuk daun yang mirip jari-jari. Batang singkong warnanya biasanya cokelat dimana di dalamnya kalau di kupas maka tampak warna putih kekuningan. Batang singkong biasanya memiliki diameter 2 sampai 4 cm.

Kelebihan batang singkong adalah mudah untuk tumbuh bila di tanam di mana saja. Kamu hanya perlu menancapkan batang singkong diatas tanah dan batang singkong yang mati tersebut akan tumbuh dengan subur. Sekarang sudah banyak penemuan tentang manfaat batang singkong untuk kesehatan. Berikut ini manfaat batang singkong bagi manusia.

Mengobati luka bernanah
Saat kulit terluka biasanya orang akan langsung membersihkan dan memberikan pertolongan pertama agar tidak infeksi yang menimbulkan nanah. Batang singkong bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bernanah, caranya adalah mengambil batang singkong dan kupas kulitnya. Setelah itu batang singkong harus dicuci sampai bersih dan tumbuk sampai halus. Kemudian tempelkan tumbukan batang singkong tadi pada luka yang bernanah dan lalu kulit yang luka tadi langsung diperban. Setelah satu hari maka usahakan untuk membuat perbannya dan mengganti tumbukan singkong dengan yang baru. Cara ini akan mempercepat proses penyembuhan pada luka yang bernanah dan cepat membuatnya kering.

Manfaat Batang Singkong

Obat cacingan
Anak yang masih dalam masa pertumbuhan biasanya muda terkena cacingan. Tanda cacingan pada anak adalah ukuran perut menjadi membesar dan gatal2 pada area dubur. Jika anak sering menggaruk pada daerah tersebut maka ditandakan dia terkena cacingan. Batang singkong merupakan salah satu cara untuk mengatasi atau bisa menjadi obat cacingan. Caranya adalah siapkan batang singkong panjangnya sekitar 10 cm dan daun ketapang china 30 gram. Kedua bahan tadi dicuci sampai bersih dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah di isi air. Lalu rebus kedua bahan tadi dengan takaran tiga gelas air sampai mendidih. Lalu disaring dalam gelas dan minuman dari batang singkong siap diminum. Minuman batang singkong sebaiknya dikonsumsi saat menjelang tidur.

Papan artikel berkualitas
Batang singkong ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bidang properti misalnya saja membuat papan partikel yang berkualitas bagus. Hasil papan artikel dari batang singkong dikenal sangat ramah lingkungan. Bahkan berdasarkan uji pengembangan yang dilakukan menunjukkan bahwa papan partikel yang terbuat dari batang singkong ini memiliki kerapatan dan rekat internal diatas SNI. Serta memiliki daya serap air hingga kurang dari 30 persen.

0 Response to "Manfaat Batang Singkong"

Posting Komentar