Manfaat Pohon Singkong

Dalam beberapa nama bahasa indonesia singkong sering disebut sebagai ubi kayu dan ada juga yang menyebutnya ketela pohon. Singkong termasuk dalam famili Euphorbiaceae dan nama latinnya adalah Manihot utilissima. Singkong tinggi akar karbohidrat sehingga sering dijadikan sebagai pengganti makanan pokok dan daunnya lebih sering dimasak menjadi lalapan atau dibuat sayur daun singkong.

Selain untuk persediaan bahan makanan ternyata singkong sering dipakai sebagai tanaman obat yang khasiatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit sudah tidak diragukan lagi. Singkong bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan sampai berat seperti sakit kepala, luka, obat rematik, disentri, diare, cacingan dan rabun senja.

Singkong memiliki sifat antitumor, antikanker dan antioksidan serta bisa menambah nafsu makan. Umumnya bagian yang sering dipakai dari singkong adalah daun dan umbinya. Umbi singkong mengandung zat besi, lemak, protein, hidrat arang, fosfor, kalsium, vitamin B dan C.

Sebagai Obat luka bernanah dan terbakar
Singkong dapat mengobati luka bernanah, bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah batangnya yang masih segar lalu ditumbuk dan ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka atau sakit. Untuk luka garukan caranya adalah singkong diparut lalu ditempelkan pada bagian yang terluka dan diperban. Kalau luka karena benda panas, caranya adalah singkong diparut lalu diperas. Nah, airnya ini didiamkan sampai patinya mengendap lalu pati yang sudah mengendap ini dioleskan pada bagian yang sakit tadi.

Manfaat Pohon Singkong

Mengobati masalah rematik
Siapkan lima lembar daun singkong, kapur sirih dan 15 gram jahe merah. Haluskan semua bahan-bahan tadi lalu tambahkan air secukupnya. Setelah diaduk merata ramuan dari daun singkong tadi di oleskan pada bagian yang sakit.

Obat cacingan
Anak-anak sering mengalami cacingan dan untuk mengatasinya adalah menyiapkan 60 gram kulit batang singkong dan 30 gram daun ketepeng cina. Kedua bahan tersebut direbus dalam wadah lalu tambahkan air sebanyak 600 cc, biarkan mendidih sampai tersisa separuhnya atau 300 cc. Kemudian disaring dan minum saat menjelang tidur. Bila terkena masalah beri-beri maka jadikan daun singkong sebagai lalapan.

Meningkatkan stamina
Siapkan 100 gram singkong, lima butir angco atau kurma merah dan 25 gram kencur. Haluskan semua bahan tadi dengan menggunakan blender lalu tambahkan air secukupnya lalu tambahkan madu dan siap untuk diminum.


0 Response to "Manfaat Pohon Singkong"

Posting Komentar