Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong

Pada malam hari ini saya akan membahas tentang bahaya mengkonsumsi daun singkong bagi kesehatan tubuh. Memang daun singkong memiliki kandungan zat yang berkhasiat buat kesehatan tubuh tapi ada juga kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh khususnya orang yang terkena tekanan darah tinggi, penderita vertigo dan penderita asam urat.

Kedua kandungan yang berbahaya dalam daun singkong adalah senyawa linamarin dan lotaustralin. Kedua senyawa ini bisa menciptakan racun sianida yang gejalanya adalah muntah-muntah. Oleh sebab itu disarankan untuk makan daun singkong dalam batas normal dan tidak berlebihan agar racun sianida tidak muncul.

Berikut ini adalah bahaya mengkonsumsi daun singkong.

Menyebabkan keracunan
Daun singkong bisa berpotensi menjadi racun sianida yang menyerang bagian jaringan tubuh sehingga gejala awal orang yang memakan daun singkong secara berlebihan adalah muntah-muntah.
Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong

Sakit kepala
Senyawa lotaustralin dan linamarin yang ada dalam daun singkong bisa menjadi racun yang membuat peredaran darah jadi kurang lancar sehingga menyebabkan sakit kepala dan otot saraf kepala jadi tegang.

Gangguan sesak nafas
Daun singkong mengandung senyawa sianida yang mengakibatkan penyumbatan serta penyempitan pada saluran pernafasan yang nantinya akan membuat sesak nafas, dan dada menjadi nyeri seakan-akan tertekan benda berat.

Sakit perut
Racun sianida dalam daun singkong dapat menyebabkan tekanan dan luka pada lambung sehingga mengacaukan sistem dan kinerja jaringan perut. Jadinya timbulnya sakit perut tidak terelakkan.

Meningkatkan tekanan darah
Penderita tekanan darah tinggi memang boleh mengkonsumsi daun singkong asalkan dalam jumlah yang sedikit atau wajar karena bisa mempengaruhi tekanan darah dan menganggu aliran darah. Jangan lupa saat makan daun singkong harus tanpa santan.





0 Response to "Bahaya Mengkonsumsi Daun Singkong"

Posting Komentar