Efek Samping Makan Daun Singkong

Masyarakat Indonesia tidak asing tentang daun singkong. Kuliner warteg dan masakan padang sering menggunakan daun singkong sebagai lalapan. Sebagian orang tidak tahu bahaya di dalam daun singkong. Memang tidak dapat dipungkiri kalau lalapan daun singkong terasa sangat nikmat dan menggugah selera makan. Apalagi kalau dimakan bersama sambel terasi dan ikan goreng pasti bikin perut semakin lapar. Kombinasi lalapan daun singkong, ikan dan sambel terasi pasti sudah pernah anda rasakan.

Namun, kelezatan tersebut ternyata menyimpan dampak yang berbahaya buat kesehatan tubuh manusia. Bila tidak dikonsumsi secara berlebihan daun singkong tidak terlalu berbahaya. Manfaat daun singkong diketahui dapat melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit.

Nilai protein yang tinggi dalam daun singkong ternyata berkhasiat mencerdaskan otak anak. Bahkan daun singkong dapat mencegah anemia dan dapat membuat tulang menjadi kuat.
Efek Samping Makan Daun Singkong

Berikut ini adalah efek samping makan daun singkong.
  • Terlalu banyak makan daun singkong dapat membuat sakit perut karena asam lambung dalam tubuh jadi meningkat sehingga menyebabkan dinding lambung mendapat tekanan yang bisa membuat luka.
  • Daun singkong dapat membuat orang keracunan karena adanya senyawa lotaustralin dan linamarin yang memicu timbulnya racun sianida. Gejala keracunan daun singkong adalah muntah-muntah.
  • Daun singkong bisa menyebabkan gangguan pernafasan karena senyawa sianida dalam daun singkong bisa menyebabkan penyempitan pada saluran pernapasan dan bagian dada akan terasa nyeri.
  • Daun singkong berbahaya bagi penderita asam urat karena senyawa di dalam daun singkong bisa meningkatkan asam urat pada bagian sendi tubuh.
  • Daun singkong dilarang dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi karena tentu saja kolesterol dalam tubuh akan meningkat saat makan daun singkong dan kalau diabaikan maka dapat menyumbat pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

0 Response to "Efek Samping Makan Daun Singkong"

Posting Komentar