Manfaat Dan Bahaya Buah Nanas

Nanas berasal dari kata Anana yang artinya buah yang sangat baik. Nanas merupakan tumbuhan trpis yang berasal dari paraguay, bolivia dan brazil. Buah nanas dalam bahasa inggris disebut pineapple karena bentuknya mirip dengan pohon pinus.

Buah ini memiliki karakteristik seperti berwarna kuning, mata yang banyak dan tingginya minimal 50-150 cm. Buah nanas rasanya manis-manis asam dan mengandung berbagai macam khasiat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah serta kulit.

Nanas memiliki berbagai macam manfaat bila dibuat jus diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, mengatasi radang tenggorokan, cacingan, beri-beri dan masalah pencernaan. Daun nanas juga dapat menyembuhkan luka bakar, bisul dan gatal, caranya cukup dengan ditumbuk sampai halus lalu diaplikasikan pada bagian kulit yang sakit.

Manfaat nanas lainnya adalah untuk mengatasi ketombe, caranya adalah dengan mempersiapkan 1/4 buah nanas matang lalu kupas kulitnya, parut, peras dan saring. Lalu tambahkan satu buah jeruk nipis dan diaduk sampai rata. Gunakan ramuan alami ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe dan cara ini dilakukan saat mau tidur, baru keesokan harinya dikeramas sampai bersih. Lakukan perawatan 3 kali dalam seminggu.
Manfaat Dan Bahaya Buah Nanas

Nanas dapat mengatasi peradangan kulit, caranya adalah dengan sediakan 1/2 buah nanas matang lalu parut dan gosokkan pada kulit yang meradang. Cara ini dilakukan sebelum tidur di malam hari lalu esoknya dibersihkan dengan air dingin. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil optimal.

Bahaya buah nanas
  1. Nanas muda dapat menggugurkan kandungan karena mengandung abortivum. Nanas biasanya dipakai untuk melancarkan terlambat haid. Oleh sebab itu ibu hamil dilarang makan nanas muda.
  2. Nanas dapat memicu rematik dan penderita remaik dan radang sendi disarankan untuk menghindari mengkonsumsi buah ini.
  3. Kandungan gula dalam nanas sangat tinggi dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  4. Setelah makan buah nanas biasanya lidah terasa gatal, untuk mengatasi hal tersebut cukup nanas direndam di dalam air garam sebelum dimakan.

0 Response to "Manfaat Dan Bahaya Buah Nanas"

Posting Komentar