Manfaat Istirahat Bagi Tubuh Manusia

Salah satu manfaat yang dapat kita rasakan setelah istirahat adalah kembalinya kesegaran tubuh setelah melakukan aktivitas seharian. Tidur tidak hanya sekedar rutinitas dalam kehidupan sehari-hari tapi juga kebutuhan setiap manusia. Manusa membutuhkan tidur agar dapat menghilangkan rasa capek dan lelah setelah seharian bekerja atau melakukan hal lainnya.

Istirahat yang cukup dapat menenangkan fungsi organ tubuh seperti otak yang berpikir lebih dari 10 jam atau otot anggota gerak yang terus digunakan dalam menjalani aktivitas dan sebagainya. Istirahat atau berhenti sejenak ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem imun tubuh merupakan penghalang yang dapat melindungi tubuh dari serangan virus. Saat tidur di malam hari maka hormon meletonin akan dihasilkan yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal pernyakit dan radikal bebas. Melotonin dapat diproduksi tubuh secara maksimal saat berada di ruangan yang gelap, oleh sebab itu saat tidur di malam hari sebaiknya untuk mematikan lampu di kamar anda.
Manfaat Istirahat Bagi Tubuh Manusia

Waktu untuk toksin racun
Racun dapat terbawa dalam makanan yang dikonsumsi setiap hari. Tidur di malam hari adalah waktu yang tepat untuk tubuh membuang racun. Waktu tidur malam merupakan waktu dimana proses pengeluaran racun berlangsung. Jadi jangan mengacaukan waktu tidur anda dengan begadang.

Melancarkan pencernaan
Organ pencernaan seperti lambung akan bekerja secara maksimal saat kita tertidur. Gerak peristaltik akan menguras isi lambung dan getah pencernaan akan meningkat. Jadi jangan terbiasa makan sebelum berangkat tidur. Saat manusia tidur maka asam lambung akan meningkat secara alami. Bila lambung penuh makanan maka asam lambung akan semakin bertambah banyak dan dapat menyebabkan sakit maag. Usahakan untuk tidur dua jam setelah makan.

0 Response to "Manfaat Istirahat Bagi Tubuh Manusia"

Posting Komentar