Manfaat Istirahat Dalam Olahraga

University of Stirling, Inggris melakukan sebuah studi dalam olahraga. Ilmuwan disini melakukan penelitian bersama dengan 12 pengendara sepeda yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama berolahraga dengan intensitas tinggi dan waktu istirahatnya pendek selama tiga kali. Sementara kelompok kedua mereka berolahraga secara terus menerus tanpa diberi waktu untuk istirahat sama sekali.

Kelompok pertama mengayuh dengan sekuat tenaga tapi kecepatan kayuhannya di bawah sprint pada setiap sesi. Waktu untuk melakukannya selama 4 menit lalu berhenti sekitar dua menit untuk beristirahat sejenak dan mengulangi pola yang sama sebanyak tujuh kali.

Sementara kelompok kedua mengayuh terus menerus selama satu jam yang memiliki kecepatan sprint lebih rendah dibandingkan kelompok pertama. Olahraga yang mereka lakukan setiap tiga kali seminggu. Setelah empat minggu maka kedua kelompok tersebut sudah selesai menjalankan program tersebut dan melakukan perbandingan.
Manfaat Istirahat Dalam Olahraga

Hasil dari penelitian tersebut mengungkapkan bahwa kelompok pertama melakukan kombinasi antara olahraga dengan intensitas tinggi sambil diberikan waktu istirahat ternyata mempunyai lebih banyak manfaat fisik dan dapat menghasilkan dua kali lebih besar kekuatan dan performa daripada kelompok kedua yang berolahraga tanpa melakukan istirahat atau jeda sama sekali.

Dr Agus Hunter juga melakukan penelitian dan menunjukkan bahwa olahraga intensitas tinggi tanpa diberikan waktu istirahat akan memberikan dampak yang cukup besar. Diketahui juga bahwa otot akan sulit kembali pulih setelah melakukan olahraga yang panjang daripada mereka yang melakukan olahraga pendek yang bermanfaat membuat mereka lebih bugar.

0 Response to "Manfaat Istirahat Dalam Olahraga"

Posting Komentar