Manfaat Istirahat Yang Cukup Bagi Kesehatan

Saat masih kecil, kita semua pasti sering membantah perintah untuk tidur siang dan saat beranjak dewasa malah tidur siang adalah waktu yang ditunggu. Diketahui bahwa tidur tidak hanya dapat menghilangkan kantuk tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Tubuh lebih sehat
Kesehatan tubuh dapat dijaga dengan cara istirahat dan tidur yang cukup. Kurang tidur dapat menyebabkan terkena penyakit jantung, ginjal, stroke, detak jantung tidak teratur, diabetes, tekanan darah tinggi dan diabetes. Diketahui juga bahwa tidur dapat mempengaruhi reaksi tubuh terhadap insulin yang merupakan hormon berfungsi untuk mengendalikan tingkat gula darah. Orang yang kurang tidur akan meningkatkan kadar gula darah dari biasanya dan rentan terserang penyakit diabetes.

Pertumbuhan badan
Perkembangan dan pertumbuhan tubuh yang sehat dapat didapatkan dengan istirahat dan tidur. Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendukung pertumbuhan pada anak-anak dan remaja. Hormon dapat meningkatkan massa otot dan memperbaiki sel-sel jaringan pada anak, remaja serta orang dewasa. Tidur berperan penting dalam masa pubertas serta kesuburan.
Manfaat Istirahat Yang Cukup Bagi Kesehatan

Menjaga berat badan
Diketahui kurang tidur dapat meningkatkan resiko obesitas pada remaja. Tidur dapat menjaga hormon ghrelin (rasa lapar) dan leptin (rasa kenyang) tetap seimbang. Bila kurang tidur maka hormon ghrelin akan naik dan hormon leptin akan turun sehingga membuat kita merasa kelaparan.

Tetap aktif di siang hari
Tidur yang berkualias dan cukup dapat membuat kamu tetap aktif di siang hari. Kurang tidur kurang dari satu jam saja sudah membuat tubuh mudah lelah. Kurang tidur juga membuat orang jadi kurang produktif di sekolah dan tempat kerja. Mereka yang kurang tidur akan bereaksi lebih lambat dan sering membuat banyak kesalahan.

0 Response to "Manfaat Istirahat Yang Cukup Bagi Kesehatan"

Posting Komentar